Subwoofer Focal Utopia Sub13WS

Uji Coba Subwoofer Focal Utopia Sub13WS

Subwoofer Focal Utopia Sub13WS

Audio Video Indonesia , Subwoofer Focal Utopia Sub13WS  yang satu ini bukan sebuah midwoofer atau woofer biasa, melainkan sosok subwoofer dengan spesifikasi yang mendukung untuk membangkitkan nada rendah yang mumpuni.

Subwoofer Focal Utopia Sub13WS merupakan salah satu seri subwoofer buatan Focal, sebuah pabrikan loudspeaker yang main di kelas high end. Dengan tampilannya yang elegan, subwoofer berdiameter 5 inci ini ingin memberi solusi bagi audio mobil mania yang mengutamakan efesiensi dalam menghasilkan bas rendah.

Subwoofer Focal Utopia Sub13WS
Subwoofer Focal Utopia Sub13WS

Bagi pecinta SPL, kategori   Focal Utopia Sub13WS kali ini memang tidak direkomendasi, tapi sebagai pendamping driver bas maupun midbas tentunya tidak ada salahnya walau Subwoofer Focal Utopia Sub13WS diharapkan akan lebih cocok jika disandingkan dengan loudspeaker satelit yang juga berdiameter mini, karena kebanyakan loudspeaker dua-jalur, misalnya, biasanya sudah mampu menghasilkan bas yang cukup rendah.

Dengan konstruksi yang memang tergolong kecil, driver sub ini cukup kuat untuk menghandel power amplifier dengan rating 100 watt, hanya saja diperlukan sebuah boks dengan ukuran yang tepat agar performanya dapat tampil optimal.

Soal desain, Subwoofer Focal Utopia Sub13WS memang tidak memalukan, bahkan tidak saja kokoh, tapi juga eksklusif. Untuk proses mounting, disiapkan sebuah pelindung grill plastic yang dibalut kain dimana terkesan lembut, sedangkan sebagai penguat pada kotak, juga disediakan 4 buah baut khusus yang cukup panjang dengan system kunci L. Bahkan sebagai pemanis terdapat sebuah bracket lingkar terbuat dari bahan metal untuk menutupi tepian dari subwoofer tersebut.

Dalam pengujian suara,  Focal Utopia Sub13WS berdiameter 5 inci yang kami coba pada kotak dengan volume berkisar 5 liter ini memang cukup baik dalam menghasilkan kualitas bas, walau cenderung efek midbas lebih dominan. Ketika kami mencoba dengan album CD khusus yang pernah di pakai pada penjurian EMMA 2009, terdengar kualitas bas rendah cenderung lembut, tapi terkesan enteng, sehingga beberapa lagu dengan beat-beat cepat tersimak cukup memukau.

Dari hasil pengujian di atas, dapat kami simpulkan bahwa kemampuan subwoofer mini Subwoofer Focal Utopia Sub13WS ini tidak mengecewakan, bahkan bagi pengguna yang menginginkan kolaborasi dengan system multi-way lainnya, sub mini ini dapat menggantikan posisi driver bas dengan baik dengan setting titik potong frekeuensi bawah yang cukup rendah.

Hasil Uji Lab Subwoofer Focal Utopia Sub13WS ;

Dari hasil pengukuran, terlihat kurva Burst Decay maupun TS Parameter yang diukur oleh BBPro dengan bantuan amplifier dua kanal yang dibridge, terlihat kemampuan jangkauan frekuensi rendah mampu handel di kisaran 65 Hz, bahkan untuk frekuensi midbas, Subwoofer Focal Utopia Sub13WS kami anggap baik, tentunya ini sangat membantu ketebalan bobot vocal.

Spesifikasi Subwoofer Focal Utopia Sub13WS :

Nominal Power : 75 Watt
Maksimum Power : 150 Watt
Sensitivitas : 87,8 dB
Impedansi : 4 Ohm
Magnet : Neodymium
Diameter Voice Coil : 32 mm
Bobot : 0,7 kg

Plus : Desain menarik dan konstruksi kokoh
Minus : –

Baca juga produk yang perlu di ketahui sebelum anada melengkapi kendaraan ada dengan sistem audio sehingga menghasilkan suara sesuai seleraSubwoofer Domination RS124i, Amplifier Alpine PMX-F640Equalizer Mobil

One Reply to “Uji Coba Subwoofer Focal Utopia Sub13WS”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *