Ruang Hiburan di Rumah

Ruang  Hiburan di Rumah

Memilih Ruang  Hiburan di Rumah

 

Ruang Hiburan di Rumah
Memilih Ruang Hiburan di Rumah

Ruangan mana yang sebaiknya dipilih untuk ruang hiburan di rumah atau yang lebih tepat ruang hiburan keluarga, dimana menempatkan home theater ?, sebagai salah satu tempat berkumpul bersama keluarga. Memilih ruang hiburan di rumah dan bagaimana memodifikasinya, bisa jadi pekerjaan yang mudah mudah sulit. Adakah panduannya?

Jika sistem yang sudah anda miliki (home audio atau home theater) anda bawa dan pindahkan ke ruang satu lalu ke ruang lainnya, ketahuilah, suara yang dikeluarkannya bisa berbeda. Dan seberapa bagus sistem anda, suaranya juga dipengaruhi ruang. Maka, pertimbangkanlah dengan masak-masak, ruang mana yang paling optimal dan bisa digunakan. Apakah perlu dimodifikasi banyak? Akustik yang seperti apa yang kita pilih untuk treatmen ruang ini?Mari lihat beberapa komponen yang umum ada dalam sebuah ruangan.

Jendela dan Pintu

Memilih ruang hiburan di rumah ini beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan.  Jendela yang berukuran besar serta pintu, apalagi bila terbuat dari kaca, kurang baik untuk suara(kaca adalah permukaan pantul yang keras), juga mempersulit dalam mengatur pencahayaan. Unsur kaca ini sering ditemukan dalam   ruang keluarga atau ruang serbaguna dalam rumah.

Lihatlah ke tirai. Kian tipis ukuran tirai, akan kian baik untuk suara. Perhatikan juga soal warna. Warna pun tak kalah penting

Memilih Ruang Hiburan di Rumah
Memilih Ruang Hiburan di Rumah

untuk tirai. Jika anda ingin memakai sebuah sistem front projection (memakai proyektor yang ditembakkan ke layar), maka warna seperti merah menyala (tirai merah atau dinding merah) dapat memperlemah tingkat pantulan pada layar.

Tirai yang tipis sangat baik dalam mengarahkan keakustikan dan pengontrolan cahaya. Akan lebih baik misalnya jika pintu kaca berada beberapa meter dibelakang titik pantulan pertama pada dinding itu.  Jika budget cukup, pilihan membeli sistem korden tentu akan kian banyak.

Dengan memperhatikan hal diatas hal hal yang tersebut diatas ruang hiburan di rumah dengan tujuan menghasilkan hasil yang maksimal pintu tentu cukup sederhana, dimana kita tinggal pilih apakah menggunakan satu pintu (single door) yang standar atau ganda. Umumnya pintu memungkinkan udara keluar masuk, juga cahaya. Maka pilihannya adalah, apakah kita akan membuat pintu jadi tahan cuaca. Ketika pintu ditutup, anda tentu ingin suaranya halus Maka pintu pun juga perlu dibuatkan soundproofing, sehingga dapat mengontrol kebocoran suara. Semua ruangan yang tidak memiliki pintu, atau ruang yang memiliki ruang lebar ke ruang lainnya, bisa membuat sulit kita dalam mengontrol suara.

 

8 Replies to “Ruang  Hiburan di Rumah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *