Samsung QLED 8K

Mengapa kita membutuhkan piksel 8K?

Mengapa 8K?

Pertanyaan diatas mengemuka ketika tanggal 26 Maret 2019 lalu Samsung mengetengahkan tentang tren TV QLED-nya di tahun 2019 ini. Mengapa 8K, salah satu jawabnya karena tingginya kebutuhan orang akan kualitas gambar dan pengalaman memakai TV dengan aneka kelebihannya yang mempermudah dan kian mengesankan mata dan telinga.

Tetapi kemudian ada yang bertanya, “Mengapa kita membutuhkan piksel 8K? Piksel 4K sudah cukup dan terlihat hebat.”Jika Anda melihat beberapa tahun yang lalu, Anda akan menemukan banyak konsumen dan bahkan professional mengatakanhal yang persis sama tentang resolusi 4K. Sekarang, dengan penambahan kemampuan High Dynamic Range (HDR), TV HDR 4K menawarkan jangkauan pencahayaan dan warna terluas.

Perpindahan dari TV HDR 4K ke TV HDR 8K bukan hanya meningkatkan jumlah piksel, meskipun memiliki piksel empat kali lebih banyak merupakan keuntungan yang sangat jelas. Ada manfaat tambahan lainnya.Mungkin yang paling menarik adalah meningkatnya kesan gambar yang lebih hidup lagi dan kehadiran lebih nyata yang ditawarkan piksel tambahan ini. Misalnya, layar 85 inci 4K memiliki kerapatan piksel (piksel per inci atau PPI) sebesar 52 PPI. Tampilan ukuran yang sama dengan resolusi 8K memiliki 104 PPI. Hal ini memungkinkan untuk menampilkan detail yang lebih halus dalam gambar yang menambah rasa realisme

Ini terlihat di aneka kelebihan yang ada di TV QLED Samsung 8K. Sebut saja misalnya
Fitur Ambient Mode yang mencakup serangkaian opsi dekorasi, termasuk mencocokan dinding, foto, informasi, dan lainnya. Lalu dengan opsi Remote yang baru, TV kita tidak hanya dapat digunakan untuk hiburan tetapi juga mengakses computer rumah untuk menjelajahi situs web atau mengakses computer kantor sehingga Anda dapat bekerja dari rumah.

Lalu ada Mesin berbasis suara Bixby yang dapat menyediakan hampir semua kemampuan pengendalian pada remote, sementara mic di TV memungkinkan interaksi jarak jauh melalui suara. TV ini bahkan didukung dengan kemampuan untuk Alexa dan Google Assistant. Kedua perangkat tersebut bahkan dapat digunakan untuk melakukan pengendalian terhadap TV.

Bicara tentang kualitas gambar 8K, didalamnya ada fitur HDR10+ yang berperan di resolusi gambar yang sangat baik. HDR10+ iniadalah platform bebas royalti yang mendapatkan dukungan baik dari komunitas pemutaran dan pembuatan konten (konten HDR10+ sudah lebih banyak tersedia daripada Dolby Vision).

8K yang muncul setelah munculnya 4K atau UHD ini diyakini Samsung akan mendapatkan semakin banyak pangsa pasar. Di bawah ini adalah prediksi dari lembaga risetIHS (atas) dan Display Supply Chain Consultants (bawah). Perusahaan-perusahaan ini setuju bahwa 8K akan diadopsi dalam ukuran layar yang lebih besar dan secara bertahap akan menggantikan TV resolusi 4K, sama seperti resolusi FHD yang digantikan oleh 4K dari waktu ke waktu.

Lembaga riset IHS: porsi resolusi tampilan gambar FHD, 4K dan 8K berdasarkan ukuran layar
Lembaga riset IHS: porsi resolusi tampilan gambar FHD, 4K dan 8K berdasarkan ukuran layar
Display Supply Chain Consultants: perkembangan jumlah 8K TV berdasarkan ukuran layar dari tahun 2017-2025
Display Supply Chain Consultants: perkembangan jumlah 8K TV berdasarkan ukuran layar dari tahun 2017-2025

 

 

 

 

 

 

Transisi dari resolusi FHD keresolusi 4K didorong oleh pembuat panel, seperti halnya transisi dari 4K ke ekosistem 8K. Saat ini stasiun siaran NHK yang berbasis di Jepang telah fokus pada pengembangan ekosistem ini selama 20 tahun terakhir. Pada bulan Desember 2018, mereka memulai pemrograman dan penyiaran konten 8K secara teratur di Jepang. Pada musim panas 2020, Tokyo akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas dan NHK telah berjanji untuk menyiarkan Olimpiade dengan cakupan penuh 8K.

Ekosistem 8K telah tersedia, tetapi tidak semua wilayah akan seagresif Jepang dalam mengadopsi model bisnis siaran atau streaming 8K. Seperti 4K, konten pada resolusi yang lebih rendah akan terus ada selama beberapa waktu sementara acara berprofil tinggiakan menjadi panggung utama untuk format baru, seperti 8K.

Pada awalnya, tidak banyak konten 8K asli yang tersedia. Akibatnya, pembuat TV perlu mengandalkan peningkatan resolusi (up scaling) di TV untuk memberikan tampilan gambar 8K yang indah. Keakuratan peningkatan ini akan tergantung pada kualitas dan resolusi konten yang masuk dan kualitas algoritma yang ditingkatkan. TV 8K Samsung akan memiliki algoritma yang canggih.

.Seperti dibahas di atas, ukuran layar yang lebih besar jelas merupakan tren pasar yang diminati konsumen. Ini meningkatkan bidang pandang bila dilihat dari jarak yang sama, sehingga meningkatkan efek lebih menyeluruh. Tetapi Anda tidak ingin mengurangi PPI (pixel per inch)ketika Anda meningkatkan ukuran layar, itulah sebabnya 8K penting. Jumlah piksel yang ditambahkan juga berarti Anda dapat duduk lebih dekat ke TV, sehingga memperluas titik nyaman zona tontonan di mana Anda tidakakan melihat piksel (lihat foto di bawah ini).

Samsung QLED 8K
Samsung QLED 8K

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *