Ganti Amplifier atau AVR

Ganti Amplifier atau AVR

Kapan Perlu Ganti Amplifier atau AVR?

Ganti Amplifier atau AVR
Ganti Amplifier atau AVR

Mengapa orang merasa perlu ganti amplifier atau AVR (AV receiver)-nya? Yang banyak kami temui alasannya, karena dia ganti speaker dan ingin agar speaker barunya dapat juga kawan baru tyang lebih cocok, khususnya dalam mengangkat atau mendrive speaker itu. Alasan kedua, adala karena dia menemukan amplifier lain yang lebih pas dengan seleranya. Apakah hanya kedua itu alasannya? Ternyata tidak itu saja Ampli atau AVR anda sudah hampir pasti anda rasa terlalu tua, sehingga bisa saja anda ingin ganti. Selain penampilannya bodinya yang terasa kurang modern, ampli ini kurang terasa bergengsi. Tetapi, syukurlah, bukan itu satu satunya alasan. Ada alasan lebih penting kapan saat yang tepat ganti amplifier atau AVR. Apa itu, mari kita lihat satu persatu alasannya.

Alasan Pertama Ganti Amplifier atau AVR

• Amplifier atau AVR anda kini anda rasakan banyak ketinggalan di fiturnya. Sudah tidak lagi up to date.
• Koneksi yang ada terhitung minim, apalagi bila dikaitkan dengan banyaknya model input output koneksi seperti di masa kini. Apa sajakah itu ? Bisa saja HDMI. Di AVR sebelumnya yang ada hanya koneksi analog dengan kabel RCA, tetapi kini sudah jamannya HDMI. Maka input HDMi sangat perlu. Dengan HDMI kita juga bisa bermain game console yang terhubung dengannya dan juga ke input di TV. Perhatikan, disini anda bisa saja membutuhkan sebuah sakelar atau switcher HDMI.receiver atau amplifier home theater masa kini sudah memiliki banyak koneksi HDMI untuk terhubung ke banyak perangkat
.
*Kini jamannya TV 4K, maka AVR harus kompatibel
Banyak receier kini memiliki HDCP 2.2 yang mendukung minimal satu input dan satu output HDMI. Ini penting untuk membypass konten video 4K yang terproteksi – ke TV Ultra HD. Untuk bisa melewati sinyal TV Ultra HD 4K, receiver kita perlu compliant dengan HDCP 2.2

* ingin suaranya lebih besar dan lebih baik
Banyak amplifier model terbaru punya kualitas lebih baik dibandingkan model model lama. Mengapa? Ada beberapa alasannya sebagai berikut.
• Amplifier model ini lebih punya tingkat power lebih tinggi sehingga membuat speaker bisa bersuara optimal
• Sistem pengkonversian digital ke analognya lebih baik, sehingga musik lebih terasa di detil dan claritynya
• Adanya fasilitas untuk mengkalibrasi speaker secara otomatis dengan kian baik, sesuai dengan keakustikan ruangan kita
• Ampli kini punya lebih banyak mode dengar, yang didrive oleh teknologi pemroses sinyal, sehingga dapat membantu dalam mencari yang mana sumber (source) perangkat yang lebih baik.
• Adanya fasilitas bi amp yang membuat tampilan musik lebih dinamis, dengan suara berkualitas lebi tinggi dari speaker utama (disini speaker kita tentu saja harus kompatibel dengan konsep bi amp).

Tetapi menyangkut suara, ingat saja, bila suara tampil kurang bagus menurut anda, tidak selalu masalahnya ada di speaker. Setup mikrofon untuk sistem kalibrasi ruangan seperti keluarannya Audyssey. Sistem kalibrasi seperti ini sudah dimasukkan kedalam banyak sistem receiver home theater.

Alasan Kedua Ganti Amplifier atau AVR

Kita ingin menikmat musik dan video di ruang berbeda.
Di alasan ini, bisa saja receiver kini tidak memiliki output untuk Zone 2, atau Zone 3. Disini anda perlu menyediakan koneksi pada receiver

Kapan Perlu Ganti Amplifier atau AVR?
Kapan Perlu Ganti Amplifier atau AVR?

dengan 7 atau lebih channel yang membuat anda bisa mengirimkan musik dan bahkan video ke ruang kedua atau ketiga. Kesemua perangkat sumber tetap terhubung ke receiver di ruang keluarga. Tetap jagalah agar receiver anda handy, dan anda bisa menggunakannya untuk suara yang lebih baik di zona video kedua.
Alasan ketiga, anda ingin menikmati suara surround terkini, seperti Dolby Atmos dan DTS :X
Ini alasan penting apalagi bila anda adalah seorang fanatik di suara surround. Kini sudah banyak AVR atau amplifier yang bermain di kedua format ini. Format ini lebih disukai karena membuat penonton bisa lebih terlibat di dalam film
Ada alasan lain yang juga membuat anda tertkarik ganti amplifier, yakni :
• Ingin menikmati musik resolusi tinggi.
• Ingin menikmati musik dengan mudah melalui streaming musik . maka banyak receiver kini dilengkapi kemampuan main Bluetooth dan WiFi.
• Kemampuan bermain di jaringan atau networking. \
Banyak receiver WiFi dan atau Ethernet kabel di jaringan rumah punya kemampuan untuk mengakses cepat jasa streaming online seperti Spotify dan Pandora. Kit
• Kian banyaknya pabrikan yang menawarkan aplikasi kontrol (control apps). Dengan memakai phone atau tablet, mengintegrasikan sumber streaming dengan fungsi fungsi receiver, sehingga kita dapat mengontrol kesemuanya itu dengan satu interface saja.
.

Inilah satu dan alasan lain yang membuat kita bisa saja ganti amplifier atau AVR. Intinya tentu adalah kita ingin mendapatkan kesan pengalaman baru dengan mengganti alat tersebut.

Sebelum mencari pengganti yang tepat , baca : Dua Terbaru  Marantz SR 7012 Dan Marantz SR 8012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *