Equalizer Mobil

Equalizer Mobil Meningkatkan Kualitas Suara

Memaksimalkan fungsi Equalizer di Mobil

 

Equalizer Mobil
Equalizer Mobil

Audio Video Indonesia, dalam sebuah kunjungan ke rumah Arswendo Swissrianto, redaksi ternyata bertemu juga dengan om Bas yang kami lihat merupakan salah satu sobat kental Arswendo. Mengapa sobat kental? Karena kami lihat, apa produk speaker yang dibuat Arswendo, mengajak om Bas untuk mendiskusikannya. Maka tak pelak, ketika kami diajak mendengar satu model speaker yang baru saja dibuat bung Wendo, om Bas pun ikut memberikan pendapatnya. Yang menarik dari kunjungan ini adalah, kami diundang masuk ke dalam mobil Honda Jazz om Bas, sekedar mencicipi audio di dalam mobilnya. Ada yang menarka disini, yakni kami dapat memainkan EQ demi mendapatkan suara yang lebih pas lagi dihati.

Jika kami amati dua profil pria pehobi audio ini, yakni bung Wendo dan om Bas, keduanya punya pandangan yang sama dalam mengkonsumsi audio, yakni barang tidak harus yang ‘top of the world’ alias berkelas. melainkan bagaimana memaksimalkan suara yang berasal dari sistem kita. Keduanya juga menganggap fasa sebagai satu hal yang sangat penting di audio.
Om Bas memakai power amplifier dan subwoofer untuk mendukung speaker stereonya. Setelah kami amati, ternyata mobil ini pun sudah dipakaikan elemen akustik walau tidak dominan. Hmm, elemen akustik, kami menyebutnya dengan sebutan voodoo, sekedar untuk menjelaskan adanya alat bantu akustik. Dengan melihat voodoo, terlihatlah betapa audio mobil kini telah menjelma seperti sebua sistem home audio, dimana elemen dan komponen yang ada di home audio, kini juga diperlukan di mobil.

Equalizer Mobil
Equalizer Mobil

Mobil ini terlihat standar standar saja, karena belum dipakaikan macam macam alat, misalnya power conditioner, kapasitor bank dan ada juga yang mengganti alternator.Bung Arswendo lalu memutar album kesayangannya, CD Titanic. Walau album ini adalah rekaman biasa, tetapi terasa keindahan dalam penyajiannya. Ada gambaran unsur kemegahan, kesan kedalaman laut, , tenggelam. Tetapi ekspektasi lebih kami adalah ingin agar suaranya lebih lagi ke bawah dan punya bodi lebih padat. Bodinya kurang, walau mid high-nya sudah lepas. Dynamic attacknya kurang menyengat.
Apa yang menjadi kekurangan ini ternyata dianggap om Bas sebagai sebuah saran. Dia pun memainkan equalizer mobil. Setelah itu, diputarlah kembali rekaman Titanic di track tadi, juga Ananda Sukarlan yang bermain piano. Adakah yang berubah? Kami rasakan dimensinya bertambah. Kali ini impact-nya pun lebih menggigit. Dalam beberapa hal, kali ini suara lebih tebal dan tampilannya lebar. Lebih punya dimensi. Lalu kita putar lagi rekaman ananda sukarlan. Memang sedikit beda, walau hanya beda 1 dB. Dengan level volume sama di 28, impactnya lebih hebat. Lebih punya bodi. Mid high juga sedikit lebih lepas

Rupanya dengan equalizer mobil tadi, Om Bas memainkan frekuensi di kiasan 400 Hz nya. Di freuensi tertentu bisa dimainkan db nya naik turun. Di 400 hz misalnya dinaikan demi menambah bass. Ditambah maka tampil lebih berbobot.

Inilah fungsi equalizer mobil, untuk menaikkan bobot musik bagi selera tertentu. Menurut Wendo, EQ untuk orang yang mengerti akan membuat sistem lebih powerful. Yang tidak mengerti malah akan hancur. Menurutnya, bila kita gunakan equalizer mobil ini untuk gonta ganti tonal, itu kurang tepat. Tetapi bila untuk membantu membetulkan apa yang kurang bisa didapat dari keakustikan, baru benar.
Bodi sudah dapat. Kita bisa ga membandingkan kesan kita dengar di home dengan di mobil ? inilah tantangan di mobil. Kita bisa gunakan referensi dirmh dengan dimobil. Bahkan orang mobil mengunakan spesifikasi kriteria rumah untuk didapatkan di mobil. Jua seperti skala dan dimensi.

Equaliser audio bisa menguntungkan jika kita mengetahui apa fungsinya dan bagaimana menggunakannya sesuai apa yang ingin kita cari. Belum tentu sebuah sistem yang punya EQ akan bersuara sangat bagus. Sistem reproduksi suara kualitas tinggi masih membutuhkan sebuah konverter digital to analog. Ada yang berpendapat bahwa bila kita bisa memulai dengan memakai sebuah head unit yang suaranya bagus sambil mendengar EQ flat, maka suaranya bisa lebih baik setelah mengoreksi ketidaksempurnaan yang ada di lingkungan dengar kita.
Jika suaranya tidak enak tanpa penyetelan EQ, periksalah hal lain seperti fasa dari speaer, juga penyetelan crossover dan juga speaker (level tweeter), setting croosover atau ini mungkin karena komponen audio yang anda gunakan.

Catatan tambahan Arswendo Swissrianto dan Rizal Firmansyah Pembuat sound processor pintar bernama “The Beast” mereka merupakan maestro di industry car audio Indonesia

6 Replies to “Equalizer Mobil Meningkatkan Kualitas Suara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *