CubeAcoustic Silver Edition P1

CubeAcoustic Silver Edition P1 – Midwoofer

CubeAcoustic Silver Edition P1

 

CubeAcoustic-Silver-Edition-P1
CubeAcoustic-Silver-Edition-P1

Audio Video Indonesia  , tren dalam dunia audio mobil yang bermain di sistem audio sistem dua-jalur sepertinya memang banyak dilirik oleh banyak kalangan untuk menghasilkan tata suara yang simple namun dengan performa yang optimal, seperti CubeAcoustic Silver Edition P1 yang mengadopsi sistem tersebut di atas.

CubeAcoustic merupakan salah satu pembuat loudspeaker yang cukup banyak merilis seri produknya, dan salah satunya adalah Morel Maximo yang dalam paketnya terdapat sepasang driver midwoofer, sepasang tweeter, serta sepasang crossover pasif sistem dua-jalur.

Dalam paket yang dikemas dalam dus berwarna silver, CubeAcoustic dikemas dalam satu kotak dengan tampilan kotak yang terkesan ekslusif. Ketika dibuka dusnya terdapat paket driver yang terdiri dari midwoofer 6,5 inci serta tweeter 2,5 inci. Tidak ada kesan yang istimewa dari tampilan woofernya, hanya saja konus dengan balutan casing kokohserta dukungan magnet yang cukup besar.

Pada driver tweeter, CubeAcoustic Silver Edition P1 menyuguhkan jenis driver model standar namun dengan casing metal yang terkesan eksklusif, dimana tweeter ini memang dirancang untuk pemasangan secara instan seperti diletakkan di kanan dan kiri dashboard.

Sebagai penunjang pengujian, headunit double-DIN Alpine IVA-W202E dipercaya kembali sebagai mesin source yang berduet dengan amplifier empat kanal Venom V.800.4 SII dikonfigurasi menjadi sistem stereo, dimana settingannya di-switch pada mode fullrange, karena CubeAcoustic Silver Edition P1 mengadalkan crossover bawaannya.

Ketika pengujian suara, kami menggunakan kotak speaker standar dengan ukuran lubang pas untuk midwoofer CubeAcoustic Silver Edition P1 . Ketika kami coba beberapa musik referensi yang diambil dari lagu yang terdapat pada CD kontes EMMA 2009. Kualitas bas yang disajikan cukup lembut, namun gesit, ternyata konstruksi sasis yang kokoh mampu mereduksi getaran resonansi secara optimal, sehingga control bas dicakup dengan baik.

Sedangan pada hasil reproduksi frekuensi tingginya yang mengandalkan tweeter kubah dengan casing bahan logam rigid, crossover pasif bawaan CubeAcoustic tersebut tergolong memiliki titik guling frekuensi yang terasa pas, walau efek vokal memang terasa kurang tebal, tapi dengan iringan musik yang dinamis, menghasilkan reproduksi suara yang cukup lincah, seakan mampu mengkuti sinyal audio tanpa kedodoran.

Dari hasil pengujian suara secara keseluruhan, kemampuan loudspeaker sistem dua-jalur CubeAcoustic Silver Edition P1  mampu memberi nuansa music tersendiri, alami tapi tetap enerjik, apalagi didukung penguat daya yang cocok, maka mampu menghasilkan kualitas suara optimal.

Hasil pengukuran CubeAcoustic Silver Edition P1 :

Spesifikasi :
Diameter :
Impedansi : 4 Ohm
Sensitivitas :
Power handling :

Sebagai catatan tambahan dari Audio Video Indonesia untuk menghasilkan suara optimal dari sebuah perang car audio dapan dengan melakukan setelan manual di equalizer, hal ini dapat di baca di artikel Equalizer Mobil

Salah satu referensi dari Audio Video Indonesia untuk head unit single din adalah Alpine CDA-117E

Selain Venom,  Audio Video Indonesia memberikan alternative  amplifier dapat juga di gunakan amplifier Audio System XION 70.4Cello Audio RA-15 atau   Amplifier Alpine PMX-F640, 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *