ARC Signature 4000SE

ARC Signature 4000SE

Amplifier Monoblok ARC Signature 4000SE

ARC Signature 4000SE
ARC Signature 4000SE

Audio Vedio Indonesia , Peran amplifier monoblok memang memiliki peran tersendiri yang dirancang khusus dengan kemampuan yang lebih di banding dengan amplifier dua kanal maupun mulitikanal, seperti pada uji coba kali ini yang menampilkan amplifier dari seri paling elit buatan ARC, ARC Signature 4000SE

Mungkin Anda akan geleng kepala jika melihat sosok amplifier buatan ARC ser ARC Signature 4000SE, karena tidak saja ukuran casingnya patut diperhitungkan untuk kabin berukuran kecil, bobotnyapun lumayan berat. Sedangkan suguhan panel pengaturan audio tergolong sangat lengkap untuk sebuah amplifier monoblok, bahkan dilengkapi pula dengan kontrol mikroprosesor di dalamnya.

Amplifier ARC Signature 4000SE yang masuk dalam jajaran kelas H ini ternyata memiliki rangkaian sirkuit yang cukup rumit, ketika casing dibuka, terlihat jajajaran komponen yang padat, dimana masing-masing sirkuit terpisah beberapa bagian, termasuk rangkaian crossover Low Pass 24 dB/oktaf  yang tergabung dengan parametric bassboost. Kemudian rangkaian catu daya dengan bank kapasitor Ultra Low ESR sejumlah 44 buah yang diklaim mampu menangani panas tinggi.

Di bagian lain yang cukup penting dari rangkaian yang terdapat di ARC Signature 4000SE  adalah induktor besar yang berfungsi untuk menghilangkan riak A/C yang tidak diinginkan serta meningkatkan stabilitas penguat, sambil menurunkan THD dan meningkatkan rasio S/N. Ini masih ditunjang oleh catu daya masiv berdaya tinggi terbuat dari tembaga padat yang diharapkan mampu mengoptimasi efesiensi serta stabilitas amplfier.

Melihat karakteristik dari ARC Signature 4000SE, tentunya diperlukan sebuah aki berkapasitas besar untuk dapat memompa kinerja amplifier tersebut agar optimal, apalagi amplifier ini dapat dibridge secara ekstrim mencapai impedansi 1 ohm agar dapat menghasilkan daya maksimal mencapai 4000 watt!.

Dalam pengujian suara, kami memang agak sedikit kerepotan untuk memilih driver sub, mengingat daya keluaran amplifier ARC ini tergolong sangat besar, namun dengan pertimbangan kualitas, maka kami mencoba dengan subwoofer buatan Focal 33KX yang memiliki daya masukan cukup besar. sedangkan mesin source-nya, kami gunakan Single DIN keluaran Alpine serta beberapa rekaman CD Audio khusus uji subwoofer  buatan MTX Thunder yang mengeluarkan sinyal audio dengan frekuensi infra rendah.

Setelah diset dengan cermat, serta gain yang tidak terlalu besar kami mencoba tahap demi tahap

ARC Signature 4000SE
ARC Signature 4000SE

dalam menampilkan gebukan bas. Di sini ARC Signature 4000SE menghasilkan repro bas yang bulat dan ketat, tidak ada kesan resonansi yang berlebihan, sehingga detil bas terdengar solid, ini juga tak lepas dari paralel dua buah aki dengan kapasitas 60 Ampere per buah serta bank kapasitor 2,5 Farad agar bas tidak tekor.

Hasil Pengukuran Lab Audio Mobil untuk ARC Signature 4000SE

Pada hasil uji pengukuran , amplifier ARC Signature 4000SE menunjukkan hasil tanggapan frekuensi super rendah yang dapat disetting secara variabel antara 30 Hz sampai pada 230 Hz, sehingga untuk meng-adjust frekuensi rendah dapat diatur sedemikian rupa agar menunjang sistem loudspeaker lainnya. Terbukti ketika bassboost diaktifkan, terlihat lonjakan frekuensi rendah halus namun bertenaga.

 

Spesifikasi ARC Signature 4000SE :

 

1 Kanal @ 4 ohm 1200 watt
1 Kanal @ 2 ohm 2300 watt
1 Kanal @ 1 ohm 4000 watt
Tanggapan frekuensi 4 – 230 Hz
Bidang Crossover 30hz – 230hz
Bass Boost 20hz – 80hz + 15dB
Rasio S/N 80Db
Sensitivitas Low Level 200mv – 4v
Max Peak Current 2 0hm Mono 450 amp @ 1% Distortion
Arus Idle 4 amp
Dimensi 31,5” x 10,25″ x 3,375”

 

Kelebihan : Kemampuan impedansi rendah dengan daya sangat besar

Kekurangan : Butuh Suplay daya/ Accu kapasitas besar

 

Baca Hasil Uji coba lainnya  Alpine CDA-117EAmplifier Alpine PMX-F640

2 Replies to “ARC Signature 4000SE”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *